Minggu, Oktober 25, 2020
Beranda Nasional Pilkada "Serentak 2020" Tidak Akan Ditunda. Protokol Kesehatan Diperketat

Pilkada “Serentak 2020” Tidak Akan Ditunda. Protokol Kesehatan Diperketat

Fokus Berita, Banten- Penyelenggara pilkada serentak 2020 secara nasional tetap akan dilaksanakan meskipun kasus covid-19 masih terus meningkat. Hal ini diungkapkan oleh mendagri Tito Carnavian. Akan tetapi pemerintah akan mengatur pelaksanaan ini dengan protokol kesehatan yang sangat ketat serta melarang segala kegiatan yang berpotensi memperluas penyebaran virus.


Dalam Webinar yang di selenggarakan oleh kelompok studi Demokrasi Indonesia di Jakarta, Tito mengatakan ketentuan tersebut dapat diatur dalam Revisi Peraturan KPU (PKPU) dan bisa juga lewat Peraturan Presiden Pengganti Undang-Undang (Perpu) tentang pelaksanaan pilkada langsung selama Pandemi Covid- 19.


Menurut nya protokol yang di perketat yang di atur dalam KPPU, harus selesai dalam pekan ini karena hanya inilah opsi untuk pemerintah untuk tetap menyelenggarakan Pilkada Serentak ini.


Salah satu perubahan yang akan terjadi ialah akan dilarang nya penyelenggaraan konser atau kampanye terbuka seperti yang dilakukan dalam rangka kebebasan demokrasi dalam masa kampanye. Semua tetap diizinkan asal dilakukan secara daring. Ketentuan rapat umum pun akan di batasi maksimal sejumlah 50 orang dan dalam ruangan tertutup.


Jika ada penolakan atau demonstrasi dari aktivis kebebasan demokrasi, Tito menegaskan untuk bisa dibicarakan dan akan dipertimbangkan lebih jauh.
Selanjutnya Perpu yang ditujukan untuk pilkada dan pilkades, kemungkinan hanya di berlakukan bagi pilkada mengingat protokol kesehatan yang dapat di kontrol.

Pilkades akan ditunda karena pengontrolan yang minim dari pemerintah pusat maupun tingkat daerah. “Pilkada mungkin bisa lebih terkontrol di banding Pilkades, karena jika tidak ada manajemen kontrol yang baik akan sangat rawan sekali terkait protokol kesehatan selama pandemi covid-19 sekarang ini.” Ujar Tito (read//fbb/Ismayadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Aksi Unjuk Rasa Tolak UU Ciptaker di Serang Berujung Ricuh

Fokus Berita, Serang- Aksi unjuk rasa mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Geger Banten melakukan unjuk rasa menolak...

Jelang Pilkada Serentak 2020, Simak Visi dan Misi Dua Paslon Bupati Serang

Fokus Berita, Serang- Pelaksanaan Pemilhan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang sudah memasuki tahapan kampanye. Dua pasangan calon...

Korwil Himapindo Banten ajak Mahasiswa jadi Pengusaha sebelum Sarjana

Fokus Berita, Serang- Koordinatir wilayah (Korwil) Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (Himapindo) Indra Bayu, mengatakan pihaknya berkomitmen...

Pemkab Serang Berikan Paket Sembako untuk Warga Isolasi Mandiri

Fokus Berita, Serang- Di tengah pandemi, Dinas Sosial Kabupaten Serang menyalurkan bantuan kepada korban COVID-19 yang tengah...

Recent Comments